-->

Cara Merawat Burayak Cupang


Cara Merawat Burayak Cupang - Bagi anda para pembudidaya atau peternak ikan cupang pasti sudah mengetahui bagaimana cara merawat ikan cupang yang baik dan benar. Namun bagi para pemula pasti akan kesulitan dalam merawat anakan ikan cupang atau yang sering di sebut burayak.
Dalam budidaya ikan cupang sangat kesusahan apabila kita harus merawat anakan cupang. Karena dalam merawat anakan cupang perlu ekstra hati hati. Kesalahan sedikit saja membuat burayak menjadi mati.

Cara Cepat Membesarkan Burayak

Cara Merawat Burayak Cupang

Banyak para pembudidaya ikan hias terutama cupang yang berhasil sampai tahapan perkawinan dan penetasan. Namun saat pembesaran adalah saat yang paling mengkhawatirkan. Pada artikel Pertanian Organik kita kali ini kita akan membahas bagaimana cara merawat anakan ikan cupang agar tumbuh besar.
Ketika cupang berumur 4 hari semenjak penetasan burayak sudah membutuhkan makanan. Anda bisa memberikan pakan halus berupa artemia maupun kuning telur. Pemberian kuning telur dengan cara merebusnya lalu membungkusnya dengan kain yang halus. Lalu kita celupkan ke dalam kolam pemijahan secara perlahan lahan. Pembungkusan dengan kain bertujuan agar kuning telur yang halus dapat lepas ke dalam air sehingga menjadi makanan untuk burayak.

Pemberian makanan bagi burayak ikan cupang di lakukan setiap pagi dan sore hari. Yang terpenting dalam perawatan burayak ini jangan meletakkannya di tempat yang panas ataupun tidak terkena sinar matahari. Letakkan kolam pembesaran pada tempat yang teduh. Setelah burayak berumur 2 minggu biasanya sudah bisa di beri makanan berupa hewan hidup seperti kutu air dan juga jentik nyamuk.
Ketika sudah di masa ini tingkat keberhasilannya semakin besar.

Cara Mengganti Air Burayak

Cara Mengganti Air Burayak

Selain dari pakan faktor yang juga mempengaruhi dalam budidaya ikan cupang adalah media airnya. Lakukan pergantian air sebanyak 50% setiap tiga hari sekali. Tujuannya agar media air tetap bersih sehinggga anakan tidak mudah terkena penyakit.

Saat terakhir ketika anakan berumur satu bulan anda bisa memindahkannya pada kolam yang lebih besar dan memberikan daun ketapang kering pada kolam tersebut. Untuk fungsi daun ketapang anda bisa membaca artikel kami yang berjudul fungsi daun ketapang. Pemberian pakan hidup terus di lakukan dan tingkatkan setiap sehari di beri makanan 3 kali.
Nah, barulah ketika burayak berumur satu setengah bulan anda harus memisahkannya pada tempat masing masing. Bisa menggunakan botol maupun akuarium kecil. Di umur ini anda pasti sudah bisa membedakan cupang jantan dan juga betina.

Demikianlah artikel kami mengenai cara merawat burayak cupang. Semoga artikel kami dapat membantu anda yang ingin mengembang biakan ikan cupang.

Artikel Terbaru

Cara Menanam Bunga Asoka

Belajar pertanian -  Ternyata pohon bunga Asoka, juga dikenal sebagai Saraca indica, tidak hanya memiliki nilai estetika yang luar biasa, t...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel