5 Fungsi Daun Ketapang Bagi Ikan Cupang

Fungsi Daun Ketapang Bagi Ikan Cupang


5 Fungsi Daun Ketapang Bagi Ikan Cupang

Bagi para pecinta ikan cupang pasti sering mendengar yang namanya daun ketapang. Nah pada artikel pertanian organik kita kali ini, kita akan membahas mengenai daun ketapang, fungsinya serta cara penggunaannya agar bermanfaat bagi ikan cupang kesayangan kita, setelah sebelumnya kita membahas mengenai cara budidaya ikan cupang.

Apa Itu Daun Ketapang ?

Daun ketapang atau dalam bahasa latinnya cattapa sering juga di sebut indiana almond karena memiliki buah yang mirip almond. Biasanya di Indonesia sering kita jumpai di daerah pesisir pantai. Memang jenis tanaman ini mudah sekali tumbuh dan kuat dalam segala medan tanam. 
Di habitat alam ikan cupang sendiri biasanya banyak terdapat pohon ketapang yang tumbuh di pinggiran rawa.   

Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang

5 Fungsi Daun Ketapang Bagi Ikan Cupang

Daun ketapang banyak mengandung asam organik yang bernama humic tanic yang berfungsi menurunkan PH air serta menghilangkan kaporit kaporit yang terkandung di dalam air PDAM. Daun ini apabila kita rendam akan menghasilkan warna kuning kecoklatan. Warna inilah yang di sukai cupang selain karena manfaatnya tadi warna air yang mirip habitatnya adli membuat ikan cupang merasa segar dan nyaman. 
Bukan hanya itu saja sebenarnya daun ketapang sangat bermanfaat bagi sisik sisik iakn cupang agar terlihat berwarna dan mengkilap, mencegah penyakit serta zat asam yang terkandung dalam daun ini dapat menyembuhkan penyakit parasit pada ikan cupang. 
Oleh karena itulah banyak para penghoby ikan cupang yang menggunakan daun ketapang pada akuariumnya walupun manfaat sebenarnya mereka tidak tau.


Cara Menggunakan Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang

5 Fungsi Daun Ketapang Bagi Ikan Cupang
Dari banyaknya penghoby ikan cupang yang menggunakan daun ketapang banyak juga yang tidak mengetahui bagaimana cara penggunaan daun ketapang yang sebenarnya agar tidak meracuni ikan cupang. Mungin anda pernah memberikan daun ketapang pada akuarium cupang namun malah muncul minyak di permukaan air. Hal ini yang sering di lakukan, kita tau bahwa minyak sangat berbahaya bagi cupang. Nah bagaimana sih sebenarnya cara penggunaan daun ketapang berikut kami mencoba mengulasnya.
1. Cari daun ketapang yang kering dan harus sudah rontok dari pohonnya, jangan cari yang masih hijau lalu di jemur. 
2. Setelah dapat daun ketapang yang kering barula rendam daun ketapang selama semalam pada air biasa.
3. Setelah semalam angkat daun ketapang, peras lalu bungkus pada plastik dalam keadaan lembab.
4. Biarkan selama satu malam lalu jemur hingga kering kembali.
5. Setelah kering kita akan mendapatkan daun ketapang yang siap pakai. Gunakan daun ketapang sebesar ibu jari untuk satu liter air.

Pengganti Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang

Selain daun ketapang anda juga bisa membeli larutan jadi yang banyak di jual dipasaran online. Namun apabila anda ragu menggunakannya anda juga bisa menggunakan rendaman daun pisang ataupun daun jati kering. Namun memang hasilnya kurang maksimal di bandingkan menggunakan daun ketapang. Baca juga cara membuat pakan burayak bagi ikan cupang.
Demikanlah artikel kami mengenai manfaat daun ketapang bagi ikan cupang semoga bermanfaat.  

0 Response to "5 Fungsi Daun Ketapang Bagi Ikan Cupang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel