-->

Cara Membuat Pakan Bagi Burayak Ikan Cupang

Cara Membuat Pakan Burayak Ikan Cupang

Cara Membuat Pakan Bagi Burayak Ikan Cupang

Selamat datang di blok belajar pertanian organik kami, pada artikel kami saat ini kami akan membahas mengenai cara membuat pakan burayak ikan cupang. Iakan cupang merupakan salah satu jenis ikan yang banyak di minati baik dari anak anak mapun orang dewasa. 

Biasanya para penghobi menyukai ikan ini karena bentuk dan juga warnaya yang mempesono, namun taukah anda sebenarnya sangat gampang sekali membudidayakan ikan betta sp ini. Namun sayangnya tidak semua orang mampu membudidayakan jenis ikan ini coba baca artikel kami cara mudah budidaya ikan cupang terutama saat anak ikan ini atau yang sering di sebut burayak telah menetas. 


Burayak memiliki ukuran yang sangat kecil inilah yang menyebabkan ikan ini sangat susah di beri makan, namun kali ini kita akan bahas sama sama jenis makanan apa untuk membesarkan ikan ini.
Burayak yang baru menetas saat usia 1-3 hari kita tidak perlu memberi mereka makan. Dalam sekali menetas sekitar  500-1000 ekor dalam sekali menetas, namun biasnaya akan hidup sampe besar hanya berkisar 30-100 ekor saja. Dalam usia yang baru saja menetas burayak telah memiliki makanan dalam bekas telur mereka, jadi biarkan mereka makan makanan yang mereka bawa di dalam telur tersebut. 

Cara membuat pakan ikan cupang sendiri untuk membesarkan burayak


Cara membuat pakan ikan cupang sendiri untuk membesarkan burayak
Dalam tahap pembesaran inilah biasanya para pelaku budidaya melakukan kesalah sehingga mengakibatkan burayak mati. Burayak cupang sangat rentan sekali dengan kematian berikut ini beberapa hal yang harus di perhatikan agar burayak tidak cepat mati :

  1. Jangan taruh di tempat panas, apabila kita membudidayakan di luar rumah jangan taruh di tempat panas atau terkena hujan, jika perlu berikan tanaman air seperti ganggang, teratai atau enceng gondok.
  2. Jangan kotori air, burayak yang masih kecil sangat rentan terutama degan lingkungan yang kotor. Salah satunnya karena pemberian pakan burayak yang berlebih.
  3. Jauhkan dari pemangsa seperti katak burung atau sebagainya.
  4. Jangan terlalu sering di aduk, karena akan menyebabkan burayak setres hingga mengakibatkan burayak mati.


Itulah hal hal yang perlu di perhatikan di awal budidaya ikan cupang. Berikutnya adalah jenis pakan apa yang akan kita pakai setelah berumur tiga hari. 
Berikut ini kami berikan beberapa alternative jenis makanan yang cocok diberikan kepada anakan cupang atau burayak.

Cara membuat makanan ikan cupang dari kuning telur

Cara membuat makanan ikan cupang dari kuning telur

Kuning telur adalah makanan burayak yang biasa di pakai. Sangat mudah membuatnya serta gampang di aplikasikan. Kandungan protein yang tinggi pada kuning telur ini yang menjadi makanan utama pada burayak yang telah berumur 3 hari. 

Cara membuat pakan burayak dari kuning telur adalah yang pertama rebus telur bisa menggunakan telur ayam saja yang mudah di dapatkan. Setelah di rebus hingga matang ambil kuning telur tadi lalu taruh di mangkok, hancurkan menggunakan sendok di campur dengan air 3 sendok. Maka hasilnya akan seperti bubur nah setelah benar benar hancur dan lembut kini saatnya anda berikan keada burayak. 
Dalam satu kali perkawinan ikan cupang hanya menghasilkan 500-1000 cupang kecil atau burayak maka jangan memberikan makan terlalu banyak, cukup sedikit saja. 

Cara memberikan pakan pada burayak ini anda bisa menggunakan sebatang korek api atau sebatang lidi celupkan ujungnya pada kuning telur yang telah menjadi bubur tadi lalu masukkan ke dalam akuarium tempat anakan cupang tadi. Lakukan pemberian pakan ini 2 kali sehari.
Tidak perlu banyak banyak, pemberian pakan yang terlalu banyak justru akan mengotori akuarium bahkan memancing penyakit bagi burayak tadi.


Cara membuat pakan burayak dari kol

Cara membuat pakan burayak dari kol

Selain menggunakan kuning telur anda juga bisa menggunakan kutu air, kutu air merupakan hewan yang mengandung 60% protein dalam tubuhnya sehingga sangat baik untuk ikan terutama anakan ikan, terutama untuk ikan burayak. Ikan ini sangat cocok di beri makan kutu air, selain karena kandungan protein kutu air juga bisa bergerak di air sehingga memancing burayak untuk memakannya. Namun sayangnya kutu air sangat susah di dapatkan. 

Salah satu solusi untuk memberi kutu air pada anakan cupang adalah dengan berternak kutu air di rumah anda. 

Kutu air ada dua jenis, yaitu warna merah dan warna hitam. Kali ini kita akan belajar berternak kutu air warna hitam yang mudah dan bisa anda praktekkan.

Bahan utama dalam pembuatannya adalah kola tau kubis. Waktu pembuatannya sekitar 7 hari sehingga anda bisa berternak kutu air dulu sebelum anda mengawinkan cupang anda.

Pertama tama siapkan ember yang telah di isi air bersih hingga ¾ aatau tidak sampai penuh. Lalu masukkan kol atau kubis. Berikutnya silahkan di tutup agar tidak kemasukkan jentik nyamuk. Namun apabila anda ingin berternak jentik sekalian agar jentik dapat anda berikan pada ikan cupang yang dewasa. Namun apabila tidak mau anda bisa menutup rapat rapat. 
Cara membuat pakan burayak dari kol

Biarkan selama satu minggu agar kubis busuk dan tenggelam di dasar ember. Ketika anda buka pada hari ke tuju akan terlihat hitam air tadi, perhatikan baik baik di situ aka terlihat seperti ada jentik jentik namun lebih kecil, itulah yang di sebut kutu air, saring menggunakan kain halus berwarna putih. Setelah itu anda bisa masukkan di dalam kolam burayak sebagai makanan anakan cupang.


Cara membuat microworm untuk pakan burayak 

Cara membuat microworm untuk pakan burayak

Bukan hanya dari kuning telur serta kutu air saja ada banyak alternative pakan burayak yang bisa anda gunakan. Salah satunya adalah microworm. Ya seperti namanya microworm adalah anakan cacing atau cacing kecil yang bisa kita ternakkan. Langsung saja kita bahas bagaimana car apembuatan microworm.

Pertama tama kita siapkan karbohidrat sebagai makanan microworm sekaligus sebagai bahan makanannya. Kita bisa menggunakan nasi maupun kentang. Saya lebih merekomendasikan kentang. Pertama belah kentang menjadi dua lalu rebus kentang hingga setengah matang. Setelah di rebus tunggu hingga dingin barulah siap kita jadikan media microworm.

Taruh kentang rebusan tadi di bawah tanah usahakan di bawah pohon yang terdapat sampah atau bawah pohon pisang lebis cepat karena tempatnya yang lembab. Tunggu hingga tiga hari lalu buka apakah sudah ada telur microwormnya. Jika sudah ada tanda tanda akan membusuk barulah letakkan di mangkok kemudian tutup rapat dan biarkan kentang tadi membusuk. Biasanya sekitar 2 hari akan segera membusuk dan muncul seperti belatung kecil itulah yang di sebut microworm.

Setelah muncul kita ambil menggunakan lidi atau tusuk gigi lalu masukkan pada akuarium burayak. 
Demikianlah cara membuat pakan alternative bagi burayak atau anakan cupang. Semoga artikel kami dapat bermanfaat bagi kalian para pembudidaya ikan hias cupang khususnya. baca juga artikel kami yang lain dengan judul cara membuat pupuk organik padat. Terimakasih.



Artikel Terbaru

Cara Menanam Bunga Asoka

Belajar pertanian -  Ternyata pohon bunga Asoka, juga dikenal sebagai Saraca indica, tidak hanya memiliki nilai estetika yang luar biasa, t...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel