Cara Budidaya Ikan Lele Organik

Cara Budidaya Ikan Lele Organik

Cara Budidaya Ikan Lele Organik

Cara Budidaya Ikan Lele Organik || Cara Budidaya Ikan Lele Organik sangat menguntungkan untuk anda yang sedang belajar pertanian organik atau akan coba coba beternak ikan, karena ikan lele ini sangat mudah di pelihara dan sangat banyak peminatnya. Akan tetapi karena semakin mahalnya harga pakan untuk ikan ini sehigga membuat para peternak merugi dan beralih ke budidaya ikan mujair dan nila.
Kali ini kita akan membahas masalah budidaya ikan lele dan cara mengatasi harga pakan yang mahal, yaitu dengan cara budidaya lele sistem organik. Belum begitu banyak orang yang tau cara budidaya lele dengan sistem ini, bahkan dengan sistem ini anda tidak perlu membeli pelet sebagai pakan lele. Salah satu keuntungan lain dari sistem ini adalah rasa dagingnya yang lebih gurih serta lebih besar ukurannya. Hanya dalam 2,5 bulan anda dapat memanen lele tersebut. Langsung saja kita bahas bagaimana cara beternak lele organik tersebut :

Pertama tama siapkan tempat budidaya, anda bisa menggunakan kolam terpal maupun kolam semen, namun kami anjurkan anda menggunakan kolam terpal karena lebih murah biayanya. Setelah kolam tempat budidaya siap masukkan pasir biasa setebal 2-3cm saja, pasir tersebut berguna sebagai tempat atau rumah plakton yang akan digunakan sebagai makanan alami lele tersebut.
Berikutnya anda bisa menggunakan pupuk kandang bisa menggunakan kotoran ayam, sapi, kambing, ingat kotoran yang dipakai harus sudah matang dan tidak berbau. Tebar kotoran tadi di atas lapisan pasir sambil di siram cairan mikroba prebiotik ( EM4, Probiodec, MA11, dll) anda bisa membelinya di toko toko pertanian, namun terlebih dahulu campurkan dengan air dan gula pasir agar mikroba dapat berkembang biak. Siram mikroba kedalam kolam tadi sambil di padatkan sehingga akan terbentuk pupuk kandang yang macak macak atau becek saja, setelah itu biarkan sampai 4 hari dan jangan terkena air hujan, baca juga pengertian pertanian organik.

Setelah 4hari lalu tambahkan air hingga kolam cukup untuk memelihara lele. Tunggu dulu jangan langsung di beri ikan lele, biarkan hingga 4 hari lagi agar pakan alami lele dapat berkembang di dalam kolam tadi. setelah itu barulah masukkan benih ikan lele kedalam kolam secara perlahan. 
Anda dapat memanen ikan tadi setelah dua setengah bulan tanpa anda harus repot repot memberi makan lagi karena sudah teredia pakan alami untuk lele tadi. Dan tentu saja besarnya ikan lele tadi akan sama karena pakan yang tersedia cukup banyak. Demikian artikel kami tentang cara budidaya ikan lele secara organik, mari kita wujudkan pertanian organik yang lebih ramah lingkungan. 

0 Response to "Cara Budidaya Ikan Lele Organik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel