-->

Peluang Usaha yang Berhubungan Dengan Pertanian


Peluang Usaha yang Berhubungan Dengan Pertanian

Peluang Usaha yang Berhubungan Dengan Pertanian | Pada masa saat ini banyak orang yang tidak lagi bercita cita sebagai pegawai ataupun PNS, mungkin 10-15 tahun yang lalu PNS adalah sebuah pekerjaan yang banyak di impikan kalangan muda mudi. 


Tidak begitu di tahun ini. Banyak anak muda yang bercita cita menjadi wirausaha atau pengusaha. Mulai dari usaha online hingga usaha off lain.


Banyak sekali jenis usaha yang bisa di lakukan salah satunya adalah usaha yang berhubungan dengan pertanian. Pada artikel kita kali ini kita akan membahas mengenai usaha di bidang pertanian yang memiliki prospek cukup bagus kedepannya.

Mengingat usaha pertanian tidak banyak di lirik anak muda namun kebanyakan adalah orang tua dan bahkan banyak di antaranya adalah pensiunan yang tengah mencari kesibukan di masa tuanya.

Langsung saja berikut ini adalah usaha yang berhubungan dengan pertanian :

1. Suplayer Sayuran Supermarket

Peluang Usaha yang Berhubungan Dengan Pertanian


Bagi anda yang rumahnya dekat dengan perkotaan terutama yang dekat dengan supermarket tidak ada salahnya anda mencoba usaha yang satu ini yaitu menjadi suplayer supermarket.

Apakah anda pernah melihat sayuran yang di jual di supermarket ? 

Biasanya sayuran yang sudah di kemas tersebut berasal dari tengkulak maupun produsen sayuran di sekitarnya. Asalkan anda memiliki standart kualitas sayuran yang baik anda bisa mencoba menawarkannya kepada managemen supermarket.

Cobalah datang ke supermarket dan membawa beberapa kemasan sayuran anda dan bilang ingin bertemu dengan managernya dan akan menawarkan sayuran anda. 
Jika supermarket tersebut membutuhkannya maka anda akan di kontrak untuk menyuplai sayuran di sana.

2. Berjualan Sayuran Organik

Peluang Usaha yang Berhubungan Dengan Pertanian


Saat ini kesadaran masyarakat untuk hidup sehat mulai tumbuh. Salah satunya adalah mulai memilih jenis jenis makanan yang mereka makan. Mungkin anda pernah mendengar makanan organik. 

Ya, jenis makanan ini mulai naik daun selaras dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan hidup sehat.

Anda bisa menanam sayuran secara organik di rumah anda lalu mengemasnya dengan cantik dan menjualnya ke perumahan dan rumah sakit, bahkan ke kantor kantor biasanya banyak peminatnya.
Setiap sayuran yang berlabel organik akan menaikkan harga jualnya hingga 3x lipat. Jadi peluang ini sangat menjanjikan kedepannya.

3. Menjual Salad Sayur dan Buah

Peluang Usaha yang Berhubungan Dengan Pertanian


Satu lagi usaha yang tidak jauh dari pertanian adalah berjualan salad buah ataupun salad sayuran siap makan.

Banyak pekerja kantoran ataupun ibu ibu yang melakukan diet, hal inilah yang mendorong usaha ini untuk dapat maju dan berkembang.

Terutama jika anda menarget ke daerah perkantoran. Di sana banyak kariawan yang mencari makan siang yang ringan namun juga sehat. Apalagi jika anda pintar meracik makanan ini agar menjadi makanan yang enak bukan hanya berisi sayuran dan mayonais saja namun bisa d tambahkan daun mint, atau yang lainnya.

4. Jualan Beras Organik

Peluang Usaha yang Berhubungan Dengan Pertanian


Namun untuk anda yang tidak mau repot meracik dan jenis jualan awet namun sangat di butuhkan anda bisa mencoba berjualan beras organik.

Beras organik memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Selain itu ini merupakan kebutuhan pokok sehingga cocok di jadikan usaha.

Bahkan anda juga bisa menjualnya dengan sistem PO. Selain itu anda tidak perlu takut busuk atau rusak karena beras dapat bertahan cukup lama.
Banyak produsen beras organik yang bisa anda ajak untuk bekerja sama usaha yang berhubungan dengan pertanian lho. 

5. Budidaya Tanaman Hias

Peluang Usaha yang Berhubungan Dengan Pertanian


Khusus untuk anda yang memiliki lahan luas anda juga bisa menyalurkan hoby anda di bidang pertanian sekaligus mencari uang tambahan dengan cara budidaya tanaman hias.

Banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa anda budidayakan seperti cabe hias, bonsai dan bunga hias.

Dengan membudidayakan tanaman hias anda juga bisa mempercantik rumah anda dan juga menjualnya kembali.  Banyak penjual tanaman hias yang memiliki penghasilan sangat banyak dari berjualan tanaman melalui marketplace. Mungkin anda ingin mengikuti jejak mereka? Ini merupakan salah satu usaha yang berhubungan dengan pertanian.

6. Investasi Dana Pertanian di Pedesaan

Peluang Usaha yang Berhubungan Dengan Pertanian


Salah satu usaha yang berhubungan dengan pertanian yang tidak banyak di lirik orang adalah investasi. Mungkin anda orang yang memiliki cukup dana dan bingung untuk investasi, anda bisa mencoba investasi di bidang budidaya tanaman pangan di pedesaan.

Banyak petani yang kekurangan biaya saat tiba waktu menggarap lahan. Biasanya mereka mencari pinjaman di bank atau ke perorangan. Bahkan ada pula yang bekerja sama. 

Nah cara ini bisa anda pakai, anda hanya tinggal mencari petani di pedesaan lalu menawarkan kerja sama. 

Bentuk kerjasamanya anda bisa membiaya pupuk,benih, obat sedangkan petani bermodal tenaga dan lahan. Ketika waktu panen tiba anda akan mendapatan ¼ bagian dari hasil panennya setelah di kurangi modal. Sangat menguntungkan bukan. Namun anda harus pintar dalam memilih mitra bisnis, terutama petani di pedesaan. 

7. Membuat Toko Pertanian 

Peluang Usaha yang Berhubungan Dengan Pertanian


Di pedesaan walaupun banyak persawahan dan sebagain besar adalah petani akan tetapi di sana sangat jarang toko pertanian yang menjual berbagai alat pertanian dan obat obatan.

Hal ini merupakan peluang usaha yang sangat cocok untuk anda yang bingung ingin memulai usaha yang berhubungan dengan pertanian.

8. Menyewakan mesin pertanian

Peluang Usaha yang Berhubungan Dengan Pertanian


Satu lagi usaha di bidang pertanain yang sangat menjanjikan adalah menyewakan alat alat pertanian terutama mesin. Seperti traktor, mesin sedot air, mesin penggiling padi dan lain sebagainya.

Namun usaha ini membutuhkan banyak sekali modal. Mengingat harga mesin mesin tersebut tidak murah. Akan tetapi jika dalam satu kecamatan anda bisa memegang petani di sana tentu akan cepat balik modal dan pastinya sangat menguntungkan.

Nah, Demikianlah artikel kami mengenai usaha yang berhubungan dengan pertanian. 

Namun jika anda ingin mencari usaha di bidang peternakan anda bisa membaca artikel kami berikutnya yang akan membahas hal tersebut.

Artikel Terbaru

Cara Menanam Bunga Asoka

Belajar pertanian -  Ternyata pohon bunga Asoka, juga dikenal sebagai Saraca indica, tidak hanya memiliki nilai estetika yang luar biasa, t...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel