Cara Membuat Pupuk Organik Padat Dari Kotoran Sapi

Cara Membuat Pupuk Organik Padat Dari Kotoran Sapi

Cara Membuat Pupuk Organik Padat Dari Kotoran Sapi

Cara Membuat Pupuk Organik Padat Dari Kotoran Sapi | Berbicara tentang cara membuat pupuk organik ada bermacam cara yang bisa di gunakan. Mulai dari pupuk organik cair maupun pupuk organic padat. Pupuk organik padat pun memiliki banyak sekali jenisnya. Pada artikel kita sebelumnya kita telah membahas mengenai pupuk organic padat yang terbuat dari kotoran kambing. Nah kini kita akan membahas bagaimana kita membuat pupuk organic berasal dari kotoran sapi.

Di perkampungan biasanya banyak sekali orang yang menggunakan kotoran sapi sebagai pupuk dalam menanam baik itu di lahan mapun di perkebunan. Pupuk dari kotoran sapi banyak sekali mengandung kalium dan phosphat yang berfungsi untuk pembungaan dan pembuahan terutama pada pertanian organik. Jadi kami sarankan penggunaan kotoran sapi sangat baik untuk di gunakan untuk tanaman tahunan seperti manga, durian, dll. Cara pembuatan hampir sama demgan cara pembuatan pupuk organik pada dari kotoran kambing

Langsung saja kita akan membahas mengenai cara pembuatan pupuk berbahan dasar kotoran sapi ini. Pertama tama kita leakkan kotoran sapi yang masih mentah tersebut pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, namun juga tidak boleh terkena hujan. Nah setelah itu barulah kita campur dengan kotoran ayam ataupun sekam padi fungsinya agar kotoran sapi dapat menjadi gembur dan cepat matang fermentasinya. Setelah itu campurkan juga dolomite untuk menaikkan PH pupuk yang telah jadi nantinya.

Barulah kita buat campuran mikroba, anda bisa menggunakan banyak sekali mikroba yang berfungsi sebagai pengurai, di antaranya adalah EM4, Petrobio, atau bahkan anda bisa mencarinya sendiri di tumpukan sapah. Setelah anda mendapatkan mikrobanya barulah anda kembangkan terlebih dahulu, anda bisa menambahkan tetes tebu dan juga air. Biarkan selama sehari semalam agar mikroba aktif dan mampu bekerja. Barulah kita taburkan campuran air, tetes tebu dan Mikroba tadi di atas kotoran sapi yang telah di campur dengan sekam tadi. Tutup rapat agar tidak terkena hujan dan panas matahari, baca juga jual pupuk organik cair.

Setelah 3 hari buka campuran tadi serta aduk rata dan bolak balik agar suhu terjaga tidak terlalu panas. Karena jika terlalu panas akan mengakibatkan mikroba mati.
Untuk anda yang kini ingin membuat pupuk organik padat anda bisa membuatnya di rumah anda sendiri. Namun hati hati apabila menggunakan pupuk berbahan dasar kotoran sapi. Mengingat sapi memakan rumput serta biji biji rumut dapat tertelan hingga akhirnya tumbuh di dekat tanaman kita yang kita pupuk menggunakan kotoran sapi.

0 Response to "Cara Membuat Pupuk Organik Padat Dari Kotoran Sapi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel