Pertanian Organik Di Jepang Luar Biasa

Pertanian Organik Di Jepang Luar Biasa

Pertanian Organik Di Jepang Luar Biasa

Pertanian Organik Di Jepang Luar Biasa | Jepang merupakan salah satu negara agraris yang berhasil meng eksport bahan pangan ke berbagai negara. Pada artikel kali ini kita akan belajar pertanian organik dari negara sakura tersebut. Sebenarnya kalau kita lihat pertanian yang ada di jepang masih bersifat konvensional atau tradisional, kenapa demikian ? karena di sana para petani masih memanfaatkan sistem pertanian organik yang ramah lingkungan. Bukan hanya para petani, di sana warganya gemar dengan pertanian sehingga di pekarangan akan banyak kita jumpai pot pot maupun polyback yang berisi tanaman baik itu tanaman hias maupun tanaman pangan untuk mereka konsumsi sendiri. Bahkan jika kita berkunjung ke supermarket di sana kita akan temui berbagai sayuran yang baru di datangkan dari lahan para petani di sana. Sangat terlihat segar dan menggiurkan. Jelas saja mayoritas penduduk di jepang menyukai makan sayuran, bahkan anak kecil pun sangat menyukai sayuran.

Jika kita mau membandingkan pertanian organik di jepang dan di Indonesia sangatlah jauh, beberapa hal yang dapat kita bandingkan sesuai pengertian pertanian organik sebagai berikut :

Sarana Pertanian
Kalau kita lihat pertanian di jepang memiliki peralatan yang sangat canggih karena lahan di sana tidak berbentuk terasering seperti yang ada di Indonesia, jika di tempat kita terdapat terasering, sebagai cara mengalirkan saluran irigasi, namun justru kita akan kesulitan dalam melakukan perawatan dalam budidaya pertanian mengingat alat dan mesin pertanian yang sangat besar dan tidak di disain untuk tempat terasering seperti di Indonesia. Selain itu petani di sana juga sangat mudah mendapatkan sarana pertanian tidak seperti di tempat kita yang cukup susah dalam mencari sarana yang sesuai untuk pertanian kita.

Dukungan Pemerintah
Pemerintah jepang sangat mendukung kegiatan pertanian di negara mereka, mulai dari pemberian bantuan dengan bunga yang sangat kecil untuk petani, bahkan mereka melarang lahan pertanian di jual sebagai tempat bangunan atau lain sebagainya. Namun berkebalikan jika tanah tanah pertanian di wariskan ke anak cucu para petani pemerintah akan membantu dalam hal pajak, sehinga petani di sana tidak kesulitan dalam urusan pajak terutama. 
Bukan hanya itu saja pemerintah jepang juga memberikan beasiswa untuk mahasiswa pertanian di sana, sehingga dapat menciptakan para pakar pakar pertanian yang handal dan hebat dalam bidangnya.

Pola pikir masyarakat
Yang paling penting dari antara hal hal di atas adalah pola pikir dari masyarakat di sana yang menganggap membudidayakan sayuran dan buah merupakan hal yang di perlukan. Selain itu pertanian di jepang masih menggunakan sistem pertanian organik konvensional. Tidak heran lagi jika daya beli hasil pertanian terutama sayuran dan buah di sana sangat baik, hal tersebut menciptakan lapangan kerja di bidang pertanian yang banyak, terutama para pembudidaya.
Pertanian Organik Di Jepang Luar Biasa

Oke, mungkin hanya sekian yang dapat saya share tentang pertanian organik ramah lingkungan di jepang, sekiranya bisa sebagai alat kita untuk introspeksi diri, terutama para petani di Indonesia, maju terus pertanian Indonesia.  

0 Response to "Pertanian Organik Di Jepang Luar Biasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel