Ciri Ciri Pertanian Organik

Ciri Ciri Pertanian Organik

Ciri Ciri Pertanian Organik

Pertanian organik merupakan salah satu pertanian yang mulai di kembangkan di Indonesia selain karena hasilnya yang lebih menjanjikan juga karena sistem pertanian ini lebih ramah lingkungan. Dengan menggunakan sistem ini kita tidak perlu memakai bahan bahan kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh kita maupun bagi lingkungan sekitar kita. Contohnya adalah penggunaan pupuk kimia maupun penggunaan pestisida kimia yang dapat mencemari lingkungan.

Saya pernah menanyakan ke sekelompok orang apakah mereka pernah memakan pestisida kimia, dan mereka semua menjawab tentu saja tidak pernah. Lalu bagaimana dengan anda? Apakah anda pernah memakan pestisida kimia? Pasti kalian juga akan menjawab tidak pernah, namun sebenarnya kita semua pernah memakannya walaupun secara tidak langsung. Bayangkan petani yang menyemprot tanaman mereka menggunakan racun racun kimia tersebut yang secara tidak langsung termakan oleh kita. Mungkin efeknya tidak langsung terasa di dalam tubuh kita namun setelah beberapa tahun akan terasa, aeperti yang tertulis dalam pengertian pertanian organik.
Orang orang jaman dahulu atau nenek moyang kita tidak mengenal bahan bahan kimia berbahaya tersebut hasilnya umur mereka bisa jauh lebih lama di bandingkan umur orang sejaman kita ini. Sselain itu di jaman mereka tidak di temukan penyakin penyakit yang berbahaya dan aneh aneh tentunya. 
Dari penjelasan saya di atas kita dapat menyimpulkan beberapa ciri ciri pertanian organik di antaranya : 
Memiliki efek berkesinambungan antara alam dan manusia
Mampu memberdayakan lingkungan sekitar
Mampu mendaur ulang unsur alam
Menggunakan bahan pestisida (racun) yang mudah terurai dan berasal dari alam
Tidak memotong rantai makanan pada alam
Pengelolaan air yang mumpuni
Membudidayakan unsur zat renik dalam tanah

Diatas adalah beberapa ciri ciri pertanian organik yang dapat di gunakan sebagai acuan dalam belajar pertanian organik. Bahkan menurut pengalaman saya penggunaan bahan poly bak sudah mulai di larang dalam dunia pertanian organik karena alasanya bahan tersebut sangat susah di uraikan oleh lingkungan kita. 

Namun bagi saya pribadi yang paling penting dalam belajar pertanian organik adalah bagaimana kita dapat mengambil dari alam, di olah secara alami dan di kembalikan ke alam lagi, karena Tuhan sebenarnya sudah mengatur tentang pertanian organik Bayangkan saja hutan yang sangat luas itu tidak ada yang memupuk atau menyemprot pestisida namun dapat tumbuh subur dan dapat di nikmati hasinya. Hutan tersebut sebenarnya hanya memanfaatkan pemupukan dari dedaunan pohon yang jatuh kemudian terfermentasi secara alami dan menjadi pupuk yang dapat di serap oleh pepohonan di sekitar hutan tersebut. Demikianlah arti sesungguhnya dari pertanian organik, silahkan baca artikel kami tentang manfaat tersembunyi dari buah pare.
Ciri Ciri Pertanian Organik

0 Response to "Ciri Ciri Pertanian Organik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel