-->

Tekhnik Mudah Budidaya Cacing Menguntungkan

Tekhnik Mudah Budidaya Cacing Menguntungkan 

Tekhnik Mudah Budidaya Cacing Menguntungkan

 

Tekhnik Mudah Budidaya Cacing Menguntungkan || Cacing adalah hewan tanah yang menjijikkan bagi sebagian orang,namun sebagian orang menganggap hewan ini membawa berkah tersendiri. Sekarang sudah banyak orang yang membudidayakan cacing untuk di jual kemudian di pakai untuk membuat kosmetik ataupun untuk obat bahkan ada juga yang memanfaatkannnya untuk pertanian organik. Seiring permintaan pasar yang begitu banyak membuat para petani cacing organik semakin kesulitan memenuhi kebutuhan pasar. Untuk memenuhi kebutuhan pasar di butuhkan para petani petani cacing baru, jika anda berminat menjadi pembudidaya cacing mari kita bahas pada artikel kali ini.

Pertama tama marilah kita siapkan wadah atau tempat yang sesuai untuk budidaya cacing ini, anda bisa menggunakan drum bekas maupun menggunakan tanah galian yang di beri plastik agar cacing tidak lari kemana mana. setelah wadahnya siap kita beri tanah dan pupuk kandang yang telah matang sebagai tempat media, atau anda bisa menggunakan serbuk gergaji di campur tanah. Yang paling utama dalam budidaya ini adalah kita wajib memperhatiakan tempat media cacing hidup dan berkembang. Setelah medianya siap kita berikan bibit cacing ke atasnya, ingat kita beri sedikit demi sedikit sambil kita perhatikan tingkah cacing cacing tadi apakah mereka masuk ke dalam media atau justru pergi meninggalkan media tadi. Jika cacing cacing meninggalkan media berarti kita harus menyiapkan medianya lebih lagi karena bisa jadi campurannya tidak sesuai atau mungkin pupuk yang di gunakan belum matang, anda juga bisa membaca artikel kami yang lain tentang pengertian pertanian organik.

Setelah kita menaburkan cacing cacing tadi sekarang waktunya kita menjaga kelembaban medianya agar cacing tadi tidak mati atau bahkan meninggalkan tempat media. Untuk pemberian makan kita bisa beri makan satu hari sekali dengan cara memblender semua makanannya agar cepat dimakan oleh cacing cacing tadi. Ingat di atas media harus ditutup dan tempatkan media di tempat yang lembab dan tidak terkena air hujan. Tunggu hingga 3 bulan maka cacing cacing tadi siap di panen. Nah itu tadi adalah cara budidaya cacing yang menguntungkan, selain mudah memeliharanya juga sangat berguna bagi kita karena kita bisa mengambil kascing atau sisa kotoran cacing sebagai pupuk cara bertani organik menggunakan barang bekas atau kita jual. 

 

Artikel Terbaru

Cara Menanam Bunga Asoka

Belajar pertanian -  Ternyata pohon bunga Asoka, juga dikenal sebagai Saraca indica, tidak hanya memiliki nilai estetika yang luar biasa, t...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel