Prinsip Pertanian Organik Yang Benar

Prinsip Pertanian Organik Yang Benar


Prinsip Pertanian Organik Yang Benar
Prinsip Pertanian Organik Yang Benar ||  Pada artikel kali ini kita akan sama sama membahas masalah prinsip pertanian organik. Dalam melakukan pertanian organik bukan hanya sebuah pertanian yang berdasar pada prinsip alam namun juga menyangkut hal hal berikut ini  

Berdasar pada prinsip kesehatan

Tujuan utama dari pertanian adalah untuk di ambil dan di manfaatkan hasilnya oleh manusi, oleh karena itu haruslah kembali pada prinsip kesehatan yang benar agar pada saat di konsumsi atau di manfaatkan hasilnya oleh manusia tidak mengganggu kesehatan manusia itu sendiri.
Kesehatan para konsumen pertanian tidak dapat di hilangkan dari kesehatan alam sekitar kita atau ekosistem kita. Apabila tanah dan ekosistem kita sehat maka akan menghasilkan tanaman yang sehat pula. Kesehatan bukan hanya di ukur dari tidak adanya penyakit namun juga keadaan alam sekitar kita juga. Bukan hanya itu saja, kesehatan badan kita bukan hanya di ukur dari ada atau tidaknya penyakit namun dari ketahan penyakit pada tubuh kita.
Manfaat dari pertanian organik sendiri adalah sangat berperan dalam melestarikan menjaga dan menigkatkan kesejahteraan ekosistem dan isinya dari yang terkecil yang berada di dalam tanah kita, hingga manusia. Berpedoman pada hal tersebut maka prinsip dasar pertanian organik yang berprinsip pada pertanian adalah tidak adanya atau tidak di perbolehkannya penggunaan zat zat berbahaya semacam zat adiktif dalam aplikasi pertanian organik karena sangat berbahaya bagi tubuh kita.

Berdasarkan pada prinsip ekologi

Pada dasarnya pertanian organik adalah kembali ke alam, Prinsip ekologi ini menempatkan sistem pertanian organik dalam sistem ekologi kehidupan. Pada prinsip ini lebih ke penerapan daur ulang dengan berdasarkan sistem ekologis. Seperti contoh petani membutuhkan kotoran sapi untuk pupuk tanaman sedangkan sapi membutuhkan tanaman untuk di makan. Hubungan yang saling membutuhkan dan saling terkait tersebut menjadi salah satu prinsip pertanian organic.
Dengan menerapkan sistem ini maka pertanian akan saling berkesinambungan dan terkait satu sama lain, dalam aplikasinya antara tanam hingga panen akan saling terkait. Bahan bahan yang tidak terpakai atau sisasebaiknya di manfaatkan dan di daur ulang semaksimal mungkin guna meningkatkan sumberdaya alam.

Berdasarkan pada prinsip keadilan

Keadilan di dasarkan pada saling memelihara dan saling menghormati alam sekitar kita.Prinsip ini berarti bahwa mereka yang menggunkan  pertanian organik harus membangun hubungan yang saling menghormati antara sang petani dan alam tempat bercocok tani. 
Pada prinsip ini menekankan bahwa ternak harus dipelihara pada kondisi dan habitat yang sesuai dengan sifat-sifat alam bawaannya.Sumber daya alam yang di pakai haruslah sesui dengan keadilan yang ada agar terjadi kesinambungan hayati.

Berdasarkan pada prinsip perlindungan

Pengertian pertanian organik merupakan suatu sitem yang berdasarkan pada keseimbangan alam yang berarti tidak di perbolehkan terjadinya perusakan atau hal hal yang berakibat pada terganggunya alam sekitar. Oleh karena itu pertanian organik bukan hanya di tuntut untuk melakukan pertanian yang efektif dan efisien namun juga harus melakukan perlindungan alam sekitar dan ekosistem.
Prinsip ini menyatakan bahwa pencegahan dan tangggung jawab merupakan hal yang paling mendasar yang di perlukan dalam pertanian organic, hal tersebut menyatakan bahwa pertanian organik  menyehatkan, aman dan ramah ingkungan. Pertanian organik harus wajib mencegah  resiko dapat merugikan dengan menerapkan teknologi yang tepat guna dan menolak teknologi yang mungkin beresiko berbahaya. Segala hal yang di lakukan harus berdasar pada pertimbangan alam dan akibat yang di timbulkan.

Sekian adalah prinsip prinsip dasar pertanian organik yang dapat di hafalkan dan di amalkan untuk anda yang mau beralih pada pertanian organik berkelanjutan

0 Response to "Prinsip Pertanian Organik Yang Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel