Pertanian Organik Berkelanjutan

Pertanian Organik Berkelanjutan

Pertanian Organik Berkelanjutan


Pertanian Organik Berkelanjutan || Sesungguhnya yang dinamakan pertanian organik adalah back to nature, yaitu sistem pertanian yang tidak merusak maupun mencemari lingkungan dan atau pertanian yang patuh dan taat pada kaidah-kaidah alamiah. Kebanyakan para petani indonesia menggunakan sistem pertanian yang cepat dan tidak ramah lingkungan, memang dalam apilikasi jangka pendeknya sistem pertanian nya menguntungkan karena mereka menggenjot produktifitas alam sekitar dengan bahan bahan kimiawi yang dapat membunuh mikroba mikroba dalam alam dan rantai makannya. Namun pada pertanian organik berkelanjutan petani di ajarkan menggunakan sistem pertanian yang lebih ramah lingkungan dan dapat dipertanggung jawabkan kelangsungan ekosistem alam sekitar.

Tujuan dari adanya pertanian organik juga sangatlah sejalan dan seturut dengan tujuan pembangunan pertanian yang semakin hari semakin di kesampingkan. Dalam upayanya untuk membangun sistem pertanian yang berkelanjutan (sustainable agriculture) dimana aspek lingkungan sekitar adalah menjadi salah satu titik perhatian utamanya untuk terciptanya keseimbangan ekosistem lahan pertanian itu sendiri. Selain aspek peningkatan hasil produksi.  Dengan adanya pengertian pertanian organik kondisi tersebut maka pertanian organik dapat dikatakan sebagai sistem pertanian berkelanjutan dimana dalam proses produksinya selalu menekankan kelestarian dan konservasi sumber daya alam sekitar, proses produksi pertanian secara alami sehingga akan tetap produktif dalam jangka panjang.

Prinsip dan sistem pertanian organik berkelanjutan telah kita pelajari di atas, sekarang terserah dan tergantung kita untuk mengamalkan sistem pertanian organik berkelanjutan untuk anak cucu kita. Menurut para ahli penerapan sistem pertanian organik yang berkelanjutan jika di lakukan bukan hanya bermanfaat untuk jangka pendek namun juga untuk tanah atau lahan yang kita kelola karena dengan sistem ini tanah dapat mengikat CO2 yang ada di udara dan mengubahnya menjadi carbon . Jadi secara tidak langsung kita ikut andil dalam mengurangi dan mencegah pemanasan global. Bukan hanya di indonesia yang sedang gencar menggalakkan sistem pertanian organik berkelanjutan atau terus menerut tapi juga negara negara di dunia sudah mulai menggunakan sistem ini, karena mereka sadar bahayanya sistem pertanian kimiawi. Baca juga pengertian pertanian menurut para ahli.

0 Response to "Pertanian Organik Berkelanjutan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel