-->

Cara Membuat Pupuk Organic Padat Dari Kotoran Kambing

Cara Membuat Pupuk Organic Padat Dari Kotoran Kambing

Cara Membuat Pupuk Organic Padat Dari Kotoran Kambing

Cara Membuat Pupuk Organic Padat Dari Kotoran Kambing | Bertani merupakan salah satu hobi yang sangat menyenangkan, terlebih apabila hasil panen kita dapat kita nikmati hasilnya sendiri. Salah satu cara bertani yang marak da sering di gunakan di akhir akhir ini adalah system pertanian organik. Ya selain aman dan juga mudah. System ini juga di gadang gadang sebagai system pertanian yang ramah lingkungan. Ada berbagai jenis tanaman yang dapat di tanam dengan pertanian system organic ini. Nah pada artikel kita kali ini kita akan sedikit belajar mengenai cara membuat pupuk organic padat dari bahan kotoran kambing. Mungin di rumah anda terdapat banyak sekali kotoran kambing ini. Sebenarnya kotoran kambing banyak mengandung unsur harga kalium dan phosphat yng baik apabila di gunakan untuk pertumbuhan bunga dan juga buah. 

Namun sayangnya kotoran kambing sangat susah untuk hancur karena bentuknya yang menggumpal. Sehingga ketika menggunakan kotoran hewan ini cukup lama agar kotoran ini dapat hancur dengan sempura. 

Untuk kali ini kita akan sama sama membahas tenteng bagaimana cara membuat pupuk organic padat dari kotoran kambing. Langsung saja, pertama tama kita siapkan kotoran kambing yang akan kita fermentasikn, kemudian yang kedua kita campur dengan sekam padi sehingga kotoran kambing tersebut mendapatkan campuran serat yang berguna untuk fermentasi serta kegemburan tanah nantinya, kami juga jual pupuk organik cair.

Setelah kotoran kambingnya sudah siap serta telah tercampur dengan sekam padi kini waktunya kita siram kotoran kambing dengan microba pengurai bisa berupa EM4 maupun yang sejenisnya, barulah setelah itu kita tutup agar tidak terkena sinar matahari dan hujan.

Setelahsudah tercampur semua, kira kira lembab saja untuk keadaannya bisa anda lakukan pengadukan menggunakan sekop atau cangkul. Setelah rata semua kini waktunya anda menunggu kotoran kambing tadi matang. Untuk tingkat keberhasilannya kita tunggu hingga dua hari jika keluar hawa panas dari dalam media kotoran kambing. Saat sudah mulai keluar hawa panas atau suhu kotoran naik maka anda harus mengadk aduk kotoran hingga semua tercampur rata. Tujuan dari pengadukan ini adalah agar microorganism tidak mati kepanasan.

Demikian lah artikel kami mengenai cara membuat pupuk orgaik padat dari kotoran hewan. 

Artikel Terbaru

Cara Menanam Bunga Asoka

Belajar pertanian -  Ternyata pohon bunga Asoka, juga dikenal sebagai Saraca indica, tidak hanya memiliki nilai estetika yang luar biasa, t...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel