-->

Pengertian Pertanian Organik Menurut Para Ahli

Pengertian Pertanian Organik Menurut Para Ahli

Pengertian Pertanian Organik Menurut Para Ahli

 

Pengertian Pertanian Organik Menurut Para Ahli || Pertanian organik merupakan pertanian dengan berdasarkan pada prinsip alam atau kembali ke alam, banyak para ahli yang memakai prinsip pertanian organik untuk budidaya tanaman maupun hewan selain lebih ramah lingkungan juga lebih sehat jika di konsumsi manusia. Berikut ini beberapa pendapat para ahli mengenai pertanian organik,
•    Menurut Heriawan (2009) Pertanian organik merupakan sebuah bentuk solusi baru untuk menghadapi ‘kebuntuan’ yang dihadapi para petani berhubungan dengan banyaknya intervensi bahan bahan sintetis dalam dunia pertanian akhir akhir ini. Dapat dilihat dan di cermati, mulai dari pupuk, insektisida, perangsang tumbuh, semuanya telah dibuat dari bahan-bahan yang disintesis dari senyawa-senyawa murni .
•    Menurut Bahar (2007) pertanian organik dapat diartikan sebagai sistem pertanian secara alami yang menggunakan pupuk organik dari alam dan sedikit melakukan pengolahan tanah.

Semua pendapat tentang pertanian organik di atas sangatlah di benarkan intinya dalam prinsip pertanian organik setiap petani maupun pelaku pertanian wajib menjaga alam sekitar untuk kelangsungan pertanian itu sendiri. Tidak sedikit orang yang memanfaatkan kecanggihan tekhnologi sekarang ini untuk memajukan pertanian. Namun sayangnya dalam kemajuan tekhnologi itu tidak di sertai dengan tanggung  jawab dari para pelakunya tersebut. Salah satu contoh yang kami temui di kalangan para petani saat harga pestisida mahal mereka memanfaatkan salah satu merek obatnyamuk gosok untuk pengganti insektisida pembasmi hama, memang harganya sangat murah di bandingkan menggunakan insektisida namun efeknya pada tanaman yang mereka semprot sangat berbahaya. Bayangkan jika tanaman sayuran di semprot dengan obat nyamuk oles tentu saja racunnya akan menempel pada sayuran dan termakan oleh konsumen.
Oleh karena itu kita perlu menggunakan pestisida dari bahan bahan yang alami dan lebih ramah lingkungan untuk para konsumen dan kesehatan alam sekitar kita. Sekarang ini pemerintah sedang gencar gencarnya membina para petani kita dalam bidang pengertian pertanian organik untuk menuju ke arah pertanian organik yang lebih ramah lingkungan dan lebih bisa menyejahterakan nasib para petani di indonesia ini khususnya.

 

Artikel Terbaru

Cara Menanam Bunga Asoka

Belajar pertanian -  Ternyata pohon bunga Asoka, juga dikenal sebagai Saraca indica, tidak hanya memiliki nilai estetika yang luar biasa, t...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel